Anggota DPRD PPU Menyarankan Pemerintah Cetak Sawah Baru untuk Pemenuhan Pangan IKN

Anggota Komisi II DPRD Penajam Paser Utara (PPU) Syarifuddin HR | Poto: Tim Cahayaborneo.com

CAHAYABORNEO.COM,PENAJAM – Anggota Komisi II DPRD Penajam Paser Utara (PPU) Syarifuddin HR menyarankan pemerintah daerah dan pusat untuk mencetak sawah baru untuk persiapan mengahadapi pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU dan Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pasalnya, ke depan bakal ada jutaan warga yang akan pindah ke IKN Nusantara dan dibutuhkan pasokan pangan yang cukup besar.

Sementara, lahan pertanian khususnya untuk persawahan di wilayah ini terus berkurang akibat adanya alih fungsi lahan menjadi perkebunan.

“Setelah IKN pindah ke Kecamatan Sepaku, pasti kebutuhan pangan harus terpenuhi, melihat persoalan ini cetak sawah baru tentu diperlukan,” ucap Syarifuddin, Selasa (31/1/2023).

Dikatakan Syarifuddin, pemerintah daerah dan pusat memiliki tantangan besar dalam rangka pemenuhan kebutuhan pangan di IKN Nusantara.

“Apalagi saat ini khususnya di PPU masih mengandalkan tadah hujan karena infrastruktur di wilayah ini belum memadai,” kata dia.

Ia berharap, pemerintah daerah dapat segera melakukan langkah-langkah dan upaya tersakiti dengan cetak sawah baru di Kabupaten PPU.

 

Tim Redaksi Cahayaborneo.com

Post ADS 1
Baca Juga :  Dari Jamur, Otorita IKN Bimbing Petani di Kawasan Ibu Kota Nusantara Menuju Makmur
Post ADS 1