Sandy Walsh Diprediksi Debut Saat Timnas Indonesia Lawan Turkmenistan

OLAHRAGA – Pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Sandy Walsh diprediksi bakal menjalani debut bersama Timnas Indonesia kontra Turkmenistan dalam FiFA Matchday yang tersaji di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya Jumat 8 September 2023 malam nanti.

Bek kanan klub kasta tertinggi Liga Belgia yakni KV Mechelen itu sedang dalam kondisi fit untuk berlaga, saat ini dia sudah berkumpul bersama rekan-rekannya di skuad garuda guna persiapan laga.

Sejak resmi berpaspor Indonesia pada tahun 2022 lalu, Sandy Walsh tak kunjung melakoni debutnya, sebab beberapa kali dibekap cedera. Pada laga persahabatan melawan Argentina beberapa bulan lalu, Sandy juga absen.

Sandy kini berusia 27 tahun, usia yang matang sebagai pesepakbola. Dia lahir pada 14 Maret 1995 di Brussels, Belgia. Sandy mempunyai darah campuran dari kedua orangtuanya. Ayahnya diketahui keturunan Inggris-Irlandia, sedangkan ibunya yang Bernama Brigitta Portier berdarah Swiss-Belanda-Indonesia.

Dari percampuran itulah pemain berpostur 185 cm itu berkesempatan untuk membela Timnas Belgia, Irlandia, Swiss, Belanda, dan Indonesia. Sejauh ini, Sandy sudah pernah memperkuat Timnas Belanda junior, sebelum akhirnya berpindah kewarganegaraan menjadi Indonesia.

Sandy Walsh telah memperkuat Timas Belanda U-15, U-16, U-17, U-18, U-19, dan U-20. Sesuai aturan FIFA, dia masih bisa membela negara lain khususnya Indonesia karena ia belum pernah dipanggil di Timnas Senior Belanda.

Pada tahun lalu, Sandy bersama Jordi Amat resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Kepastian ini setelah keduanya melakukan pengucapan sumpah WNI itu dilaksanakan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DKI, Kamis (17/11).

Baca Juga :  Real Madrid Pecundangi MU, Debut Onana Tercoreng Dua Gol Cantik El Real

“Saya cuma mau bilang terima kasih kepada semua pihak yang hadir di sini. Ini adalah hari yang spesial buat saya, buat keluarga saya, buat kakek dan nenek saya. Mereka pasti sangat bangga pada saya. Ini adalah momen yang membanggakan,” ucap Sandy dikutip situs resmi PSSI.

“Terima kasih kepada Pak Ketum PSSI dan semua orang yang bekerja di balik layar. Saya sangat senang menjadi warga negara Indonesia. Menyanyikan lagu Indonesia Raya adalah momen yang sangat indah hari ini, saya bahkan (tadi) menutup mata dan menangis. Jadi, sekali lagi terima kasih, ” tambahnya. (*)

Tim Redaksi CahayaBorneo.com

Foto: Sandy Walsh saat berada dalam sesi latihan Timnas Indonesia. (Sumber: situs resmi PSSI)

Post ADS 1
Post ADS 1