Dishub PPU Ingatkan Penyedia Angkutan Laut Sediakan Jaket Pelampung

Foto: Suasana di Pelabuhan Kapal Kelotok Penajam. (DOK. CahayaBorneo.com)

PENAJAM – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah mengeluarkan imbauan kepada seluruh penyedia jasa angkutan laut, seperti kapal klotok dan speedboat, untuk menyediakan jaket pelampung bagi seluruh penumpang.

Kepala Dishub PPU, Alimuddin, menjelaskan bahwa arus balik Idulfitri 1445 Hijriah dan libur lebaran diperkirakan akan meningkatkan jumlah penumpang yang menggunakan kapal klotok dan speedboat antara PPU dan Balikpapan.

“Pemudik yang menggunakan sepeda motor banyak yang menyeberang menggunakan kapal feri dan kapal klotok. Oleh karena itu, kami mengingatkan motoris kapal klotok dan speedboat untuk memastikan setiap penumpang menggunakan jaket pelampung,” kata Alimuddin pada Sabtu (13/4/2024).

SMenurut Alimuddin, penggunaan jaket pelampung sangat penting untuk mengurangi risiko kecelakaan laut dan meminimalkan korban jiwa jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Dishub terus melakukan pengawasan ketat terkait penggunaan jaket keselamatan di kapal-kapal penyeberangan antara PPU dan Balikpapan. Kami juga sudah berkoordinasi dengan penyedia jasa untuk mengantisipasi kemungkinan penumpukan penumpang di Pelabuhan Klotok dan Speedboat Penajam,” tambahnya.

Alimuddin menyatakan bahwa selama periode arus mudik dan balik lebaran berlangsung, situasi berjalan aman dan kondusif di beberapa jalur mudik.

“Persiapan pengamanan arus mudik dan balik lebaran telah dilakukan dengan matang oleh Forkopimda. Kami berharap seluruh perjalanan dapat berlangsung lancar dan selamat bagi semua pemudik,” tutup Alimuddin. (ADV/CB/DADM)

Baca Juga :  Selama Bulan Puasa, Masjid Jami'Al-Anshor Akan Rutin Gelar Bukber

 

Tim Redaksi CahayaBorneo.com



Post ADS 1
Post ADS 1