Pelabuhan Klotok Alami Kenaikan Penumpang Pasca Lebaran Idul Adha 1445 H

Foto: Suasana pelabuhan Klotok. (DOK. CahayaBorneo.com)

PENAJAM – Aktivitas lalu lintas di Pelabuhan Penyeberangan Penajam, Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) pasca Lebaran Idul Adha 1445 Hijriah terpantau cukup ramai dan lancar.

Hasil dari pantauan media ini, aktivitas di pelabuhan cukup padat dan kondusif.

Sementara itu, Kordinator Dermaga Pelabuhan Klotok dan Speedboat, Dinas Perhubungan (Dishub) PPU, Rizal Hakim mengatakan ada peningkatan penumpang hingga 30 persen jika dibanding lebaran sebelumnya.

“Ada peningkatan 30 persen penumpang yang menggunakan roda dua maupun yang penjalan kaki” kata rizal saat ditemui.

Jajaran Dishub PPU, Kepolisian Resor (Polres) PPU dan Kodim 0913/PPU pun melakukan penjagaan di posko keamanan.

Rizal Hakim menjelaskan ada 44 kapal klotok untuk mengangkut penumpang setiap harinya. Namun, kapal tersebut dibagi menjadi dua tugas yakni nomor 01 sampai 22 untuk mengangkut penumpang yang membawa sepada motor.

Kemudian, kapal nomor 23 sampai 44 akan mengangkut penumpang perorangan atau tidak membawa kendaraan.

“Karena untuk kelancaran dan keamanan dalam menyebrang, kami melakukan dua tugas supaya masyarakat tidak kesusahan dalam menyebrang. Ini kita lakukan setiap hari,” jelas Rizal.

“Harapan saya semoga setiap tahun bisa ramai dan lancar, tidak terjadi kepadatan yang berlebihan, karena kasihan juga kepada para penumpang terutama roda dua harus menunggu lama. Di karena keterbatasan kita juga, keterbatasan untuk kapal daya muatnya,” tutupnya.

Post ADS 1
Baca Juga :  Makmur Marbun : Peningkatan UMKM, Upaya Intevensi Percepatan Pengahapusan Kemiskinan Ekstream
Post ADS 1