Selamat! Bujang Song dan Ngelok Bawe Terpilih, Akan Ambil Peran Lestarikan dan Perkaya Warisan Budaya

Foto: Bujang Song dan Ngelok Bawe Benuo Taka Tahun 2024 Terpilih. (DOK. CahayaBorneo.com)

PENAJAM – Alun-Alun Kantor Bupati Penajam Paser Utara (PPU) menjadi saksi dari penampilan terbaik 20 finalis Pemilihan Bujang Song dan Ngelok Bawe Benuo Taka Tahun 2024 , Jumat (21/6/2024).

Ajang bergengsi ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten PPU bekerja sama dengan Yayasan Kuta Rekan Tatau PPU.

Para finalis menampilkan bakat terbaik mereka di hadapan juri yang dipimpin oleh Kepala Disbudpar PPU, Andi Israwati Latief, serta dihadiri oleh Ketua TP PKK PPU, Linda Romauli Siregar, dan beberapa juri lainnya.

Penjabat (Pj.) Bupati PPU, Makmur Marbun, dalam sambutannya pada malam grand final ini, menekankan pentingnya memelihara dan mempromosikan kekayaan budaya Kabupaten PPU sebagai identitas yang membedakan daerah ini dari yang lain.

“Kebudayaan merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Mulai dari adat istiadat, seni, hingga tradisi yang kita warisi, semuanya mencerminkan kekayaan dan keragaman budaya kita,” kata Makmur Marbun.

Marbun juga menyoroti peran penting kebudayaan dalam kehidupan masyarakat PPU, dan berharap agar ajang pemilihan ini tidak hanya mencari figur terbaik sebagai duta budaya, duta tari, dan duta bahasa, tetapi juga mengedepankan nilai-nilai kebudayaan yang harus dipegang teguh oleh generasi muda sebagai pewaris budaya.

Pada akhir acara, diumumkan pemenang dari beberapa kategori, termasuk Duta Budaya dan Duta Tari, yang akan mewakili PPU dalam ajang serupa di tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Baca Juga :  Presiden Jokowi Groundbreaking Bandara IKN di HPL Badan Bank Tanah, Bandara Jadi Aspek Penting Penunjang Mobilitas di IKN

Semangat dan kebanggaan atas kekayaan budaya lokal yang dihargai dan dipromosikan melalui kompetisi Bujang Song dan Ngelok Bawe Benuo Taka 2024, mencerminkan upaya untuk melestarikan dan memperkaya warisan budaya Kabupaten PPU.

Berikut nama-nama yang keluar sebagai Song Bawe Benuo Taka 2024

Duta Budaya

Muhammad Handika Saputa dan Yunita Komal Sari

Duta Tari                                                                                                           

Lutvi Angga Saputra dan Celchilia Anggun Az Zahra

Duta Bahasa                                                                                                                           

Rizal Nur Dwi Yanto dan Azhlya Kenzabrina Al Madina

Post ADS 1
Post ADS 1