IJBT PPU Sukses Selenggarakan Media Goes To School, Akan Kembali Dilaksanakan di SMKN 4 Waru

Foto: Ikatan Jurnalis Benuo Taka (IJBT) sukses melakaakanan program inovatif bertajuk Media Goes to School 2024. (DOK. CahayaBorneo.com)

PENAJAM – Ikatan Jurnalis Benuo Taka (IJBT) sukses melakaakanan program inovatif bertajuk Media Goes to School 2024, sebuah inisiatif untuk meningkatkan literasi media di kalangan pelajar Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Program ini dimulai di SMKN 2 PPU pada 10-11 September 2024, dengan mengusung tema “Generasi Digital Lokal Kreatif dan Inovatif.”

Program ini bertujuan membekali siswa dengan pemahaman mendalam tentang pentingnya informasi yang akurat, serta keterampilan dalam literasi digital.

Selain itu, program ini juga diharapkan dapat menemukan potensi-potensi muda yang tertarik pada dunia jurnalistik.

Ketua Panitia Media Goes to School 2024, Dian Mulia Sari, menjelaskan pentingnya literasi media bagi generasi muda, terutama di era digital.

“Generasi muda perlu memiliki kemampuan membedakan informasi valid dari hoaks agar lebih kritis dan bijak dalam menerima informasi,” ujar Dian.

Tidak hanya fokus pada literasi media, program ini juga memberikan keterampilan praktis seperti teknik dasar jurnalistik, foto, dan videografi, serta bagaimana bekerja sebagai influencer yang bertanggung jawab.

Para pelajar akan diajarkan cara membuat, menyunting, dan menyebarkan konten secara etis.

Media Goes to School 2024 tak hanya diikuti oleh siswa SMKN 2 PPU, namun juga melibatkan empat sekolah lainnya. Kegiatan ini juga didukung oleh para praktisi jurnalistik serta influencer lokal seperti Si Ngerik, Jihan, Udin, dan Uget, yang turut memeriahkan acara dengan berbagai sesi interaktif.

Baca Juga :  Inacraft 2023, Dekranasda PPU Pamerkan Berbagai Kerajinan Unik

Salah satu fokus utama program ini adalah kampanye anti-hoaks di media sosial, sekaligus memberikan pemahaman mendalam mengenai Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Diharapkan, dengan bekal literasi media yang baik, generasi muda akan mampu menyaring informasi yang mereka terima dan menghindari penyebaran berita palsu.

“Kami berharap program ini dapat mencetak generasi yang kritis, kreatif, dan bertanggung jawab dalam menggunakan media. Dengan keterampilan literasi media, mereka tidak hanya akan menjadi konsumen, tetapi juga produsen konten yang berkualitas,” tambah Dian.

Dian mengatakan, program serupa akan kembali dilaksanakan di SMKN 4 Waru. Mengajak beberapa sekolah di wilayah Waru dan Babulu.

“Kegiatan serupa akan kami selenggarakan dinakhir bulan ini di SMKN 4 Waru,” kata dia.

Kesuksesan Media Goes to School 2024 tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk SKK Migas, PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur, PT PGN Saka, PT Kilang Pertamina Internasional, Kejaksaan Negeri Penajam Paser Utara, dan Universitas Multimedia Nusantara.

Tak ketinggalan, dukungan dari Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suite, Telkomsel, Polres PPU, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten PPU, serta berbagai pihak lainnya turut berkontribusi dalam terselenggaranya acara ini.

Dengan kolaborasi yang solid dari seluruh pihak terkait, program Media Goes to School 2024 diharapkan mampu memberikan dampak signifikan bagi pengembangan literasi media dan jurnalistik di kalangan pelajar Penajam Paser Utara. Program ini adalah langkah awal untuk membangun generasi yang lebih bijak, kreatif, dan siap menghadapi tantangan era digital. (CB/DMS)

Baca Juga :  Tapal Batas PPU-Paser Masih Menunggu Keputusan Kemendagri

Tim Redaksi CahayaBorneo.com

Post ADS 1
Post ADS 1