Makmur Marbun Ajak UMKM PPU Aktif Berperan, Bukan Jadi Penonton di Kampung Sendiri

Foto: Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun, menghadiri acara malam pisah sambut bersama para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Taman Alun-alun Penyembolum, Minggu (16/9/2024). (DOK. CahayaBorneo.com)

PENAJAM – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun, menghadiri acara malam pisah sambut bersama para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Taman Alun-alun Penyembolum, Minggu (16/9/2024).

Acara ini juga dirangkaikan dengan sosialisasi “Nge-Live Yuk” dan kegiatan harmonisasi UMKM, sebagai bentuk dukungan terhadap sektor UMKM di Benuo Taka.

Dalam suasana haru perpisahan dengan para pelaku UMKM, Marbun menyampaikan bahwa membangun UMKM hingga mencapai perkembangan seperti sekarang bukanlah hal yang mudah.

Selama menjabat sebagai Pj Bupati PPU, ia mengakui telah melewati banyak tantangan bersama para pelaku UMKM. Selama satu tahun terakhir, UMKM di PPU telah menunjukkan kemajuan signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka.

“Saya tidak menyangka malam ini mendengar banyak cerita bahwa roda perekonomian berjalan dengan baik. Banyak pelaku UMKM yang sudah mampu membeli rumah, mencicil motor, dan lainnya. Ini tentu menjadi kebanggaan bagi kita semua,” ujar Marbun kepada tim media Cahaya Borneo seusai acara.

Marbun juga menekankan pentingnya keberlanjutan perkembangan UMKM di PPU, khususnya terkait pemanfaatan Taman Alun-alun Penyembolum sebagai pusat kegiatan UMKM. Ia berharap, siapapun yang nantinya menjabat sebagai pemimpin PPU dapat terus mendukung tempat ini sebagai pusat aktivitas UMKM di daerah.

“Yang paling berat adalah mempertahankan apa yang sudah kita mulai bersama,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Marbun berharap kehadiran Bandara VVIP di IKN Nusantara dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM di PPU untuk memperluas pasar mereka.

Baca Juga :  Pj. Bupati Sebut Masyarakat PPU Belum Menikmati Pelayanan Air Bersih

Ia ingin produk-produk lokal PPU bisa dijual di sekitar area bandara, sehingga UMKM di PPU tidak hanya menjadi penonton di daerah sendiri, tetapi juga berperan aktif dalam perkembangan Ibu Kota Negara.

“Saya bangga bisa terlibat langsung dalam pembangunan bandara Nusantara dan berharap UMKM bisa terlibat di sana. Semoga ini bisa segera terwujud,” tutupnya. (ADV/CB/DADM)

Tim Redaksi CahayaBorneo.com

Post ADS 1
Post ADS 1