Presiden Jokowi Tekankan Percepatan APBD dan Keamanan Pilkada Serentak di IKN

Foto: Presiden Joko Widodo menyampaikan pengarahan kepada para kepala daerah di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara. (DOK. Istimewa)

NUSANTARA – Presiden Joko Widodo menyampaikan pengarahan kepada para kepala daerah di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa, (138/2024).

Dalam arahannya, Presiden menekankan dua isu penting yang harus menjadi perhatian utama, yaitu menjaga daya beli masyarakat dan memastikan persiapan Pilkada serentak berjalan lancar.

Presiden Jokowi menekankan perlunya percepatan realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk mendongkrak daya beli masyarakat.

Ia mengungkapkan keprihatinannya terhadap rendahnya realisasi belanja daerah, dengan capaian kabupaten/kota yang hanya mencapai 31 persen dan provinsi sebesar 41 persen.

“Uang beredar di kabupaten Bapak, Ibu semuanya sangat rendah. Kalau peredaran uang rendah artinya daya beli juga enggak kuat. Segera keluarkan,” tegas Presiden Jokowi,

seraya menekankan bahwa makin cepat realisasi APBD, makin baik dampaknya terhadap perputaran uang dan daya beli masyarakat.

Presiden juga memberikan apresiasi kepada seluruh gubernur, bupati, dan wali kota atas upaya mereka dalam menjaga inflasi nasional tetap terkendali.

“Inflasi kita terakhir berada di angka 2,13 persen, turun dari sebelumnya 2,58 persen. Ini pencapaian yang sangat baik,” kata Presiden.

Selain isu ekonomi, Presiden Jokowi juga menyoroti pentingnya persiapan matang untuk Pilkada serentak yang akan digelar pada bulan November mendatang.

Ia meminta agar anggaran untuk Pilkada segera diselesaikan dan memastikan koordinasi yang baik dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) guna menjaga keamanan selama pelaksanaan Pilkada.

Baca Juga :  Dukung Program Pembangunan Daerah, Forum TJSL Perusahaan di PPU Selenggarakan Rapat Koordinasi Bersama Tim Pelaksana Kesekretariatan  

“Pastikan koordinasi dengan Forkopimda berjalan dengan baik karena kita belum pernah memiliki pengalaman melaksanakan Pilkada serentak sebesar ini,” jelas Presiden.

Ia juga menambahkan, jika terdapat keraguan atau kebutuhan akan tambahan kekuatan keamanan, para kepala daerah harus segera berkomunikasi dengan Kapolda atau Kapolri.

Di akhir pengarahannya, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasinya kepada para kepala daerah yang telah hadir di Ibu Kota Nusantara. Ia berharap agar segala hal baik yang telah dilihat selama kunjungan dapat dijadikan contoh dan diimplementasikan di daerah masing-masing.

“Saya sangat berterima kasih kepada para gubernur, bupati, dan wali kota yang telah hadir di Ibu Kota Nusantara ini. Jika ada hal baik yang bisa ditiru, segera rencanakan untuk diterapkan di daerah masing-masing,” tandasnya.

Post ADS 1
Post ADS 1