Inspiratif, Pelajar SMAN 1 Penajam Buat Situs “Kecipir” Untuk Cegah Penyalahgunaan Narkotika

Foto: Fauzan Faqihuddin (17) (kiri) dan Ratu Keiyla Az Zahra (16) (kanan). (DOK. CahayaBorneo.com)

PENAJAM – Dua siswa berprestasi dari SMA Negeri Penajam Paser Utara (PPU) membuat gebrakan baru dalam rangka mencegah penyalahgunaan narkotika di kalangan pelajar dengan memanfaatkan platform digital.

Mereka memanfaatkan platform digital dengan menciptakan sebuah situs atau website yang diberi nama “Kecipir”. Situs tersebut dapat diakses di https://kecipir.weebly.com.

Dua siswa itu bernama Ratu Keiyla Az Zahra (16) dan Fauzan Faqihuddin (17) siswa kelas 11 yang merupakan Duta Pelajar Sadar Hukum tahun 2023.

Dijelaskan Fauzan, Kecipir adalah singkatan dari kenali diri, cintai diri dan percaya diri. Situs Kecipir digagas bertujuan untuk mencegah dan mengetahui bahayanya penyalahgunaan narkotika yang ditunjukkan kepada para siswa-siswi.

”Project kami bertujuan untuk menguatkan diri sendiri dengan tiga hal harus dilakukan untuk mencegah seseorang untuk menggunakan narkotika. Tiga  hal tersebut mencakup mengenali diri, mencintai diri, dan percaya diri,” jelas Fauzan, Minggu (8/9/2023).

Sementara itu, Keiyla menambahkan, situs yang mereka gagas menyediakan layanan terkait narkotika, mulai dari pengertian narkotika, undang – undang yang mengatur tentang narkotika, cara pencegahan, cara melaporkan penyalahgunaan dan form untuk mengajukan pertanyaan terkait narkotika.

“Tujuan kita membuat situs ini adalah untuk menularkan hal-hal positif. Agar generasi z tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkotika,” tutupnya (*)

Tim Redaksi CahayaBorneo.com

Post ADS 1
Baca Juga :  Kampung Jatanras Tumbuhkan Cita-cita Anak Pesisir Penajam
Post ADS 1