Fraksi Partai Demokrat Apresiasi Pemkab PPU Atas Capaian Adipura

Caption: Ketua Fraksi Partai Demokrat, Syarifuddin, HR | Poto: Tim CahayaBorneo.com

CAHAYABORNEO.COM, PENAJAM – Fraksi Partai Demokrat memberikan apresiasi atas kinerja Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara atas capainnya karena telah memperoleh penghargaan Piala Adipura kategori Kota Kecil.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Fraksi Partai Demokrat, Syarifuddin, HR dalam rilisnya.

“kita harus memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran pemkab PPU dan masyarakat PPU, khususnya, ” ucap Syarifuddin, Rabu (1/3/2023).

Piala Adipura untuk kategori kota kecil tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya ke Bupati Penajam Paser Utara Hamdam pada gelaran Hari Peduli Sampah Nasional pada selasa (28/2/2023) di Jakarta.

Program Adipura merupakan salah satu instrumen pemerintah dalam mendorong implementasi kebijakan lingkungan dengan pendekatan wilayah, pendekatan implementasi kebijakan persampahan, dan pendekatan implementasi kebijakan penghijauan.

Salah satu kriteria penilaian dalam penghargaan Adipura adalah dalam hal Implementasi atas amanat UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah; Upaya dan hasil dalam memenuhi target nasional pengelolaan sampah, yaitu pengurangan sampah 30% dan penanganan sampah 70% pada 2025; serta  upaya yang mendorong penerapan sistem pengelolaan sampah secara terpadu mulai dari hulu sampai dengan hilir di setiap wilayah.

Oleh karenanya penghargaan adipura ini tidak akan tercapai tanpa adanya kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat.

“Meski begitu, kita jangan sampai terlena dan berpuas diri. Kita harus tetap berjuang mewujudkan lingkungan yang lestari,” tambahnya.

Baca Juga :  Tingkatkan Semangat Belajar Mengaji Bhayangkari Kaltim Bagikan Alquran dan Peralatan Belajar Untuk Anak di Kerok Laut

Anggota DPRD dapil Penajam tersebut juga mengatakan peningkatan pendidikan terhadap pengelolaan sampah kepada masyarakat PPU tetap perlu dilakukan. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga tingkat kesadaran masyarakat PPU terhadap pentingnya pengelolaan sampah tetap meningkat.

Untuk diketahui Pemerintahan Kabupaten Penajam Paser Utara mendapatkan penghargaan Piala Adipura yang diberikan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan setelah terakhir kalinya mendapatkan piala penghargaan tersebut pada tahun 2017 silam.

Tim Redaksi CahayaBorneo.com

Post ADS 1
Post ADS 1