Kecamatan Sepaku Diterjang Banjir, 2 Rumah Terdampak

Banjir terjadi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Poto: Istimewa

CAHAYABORNEO.COM, SEPAKU – Musibah banjir terjadi di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara wilayah kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), tepatnya di Desa Bukit Raya pada Rabu (10/5/2023).

Dari data yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sebanyak dua rumah dengan empat KK di satu RT, sedangkan satu RT lain yang juga berdampak banjir, namun tidak sampai masuk ke rumah warga, air hanya menggenangi halaman rumah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PPU Budi Santoso mengatakan banjir terjadi lantaran hujan dengan intensitas yang cukup tinggi terjadi di Desa Bukit Raya pada hari Rabu, 10 Mei 2023 pukul 03.00 WITA berlangsung hingga pukul 06.00 WITA.

“Hal itu mengakibatkan daerah aliran sungai di Sepaku meluap dan berdampak pada naiknya tinggi muka air pada rumah warga yang berada pada area rendah dan sekitar bantaran sungai,” tutur Budi.

Sementara itu, Tim gabungan di lapangan yang membantu BPBD PPU dalam penanganan banjir diantaranya adalah Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kades Bukit Raya bersama aparat, Ketua RT setempat, dan warga setempat.

Saat ini di wilayah terdampak TMA mengalami surut secara signifikan dan sudah tidak terdapat air di dalam maupun di halaman rumah warga .

Adapun upaya yang dilakukan Tim BPBD PPU langsung menuju ke lokasi dan berkoordinasi dengan semua unsur terkait. Tim juga melakukan pendataan dan melakukan pemantauan di wilayah terdampak.

Baca Juga :  Polsek Sepaku Bersama Satgas ONM Berhasil Mengungkap Kasus Narkoba

“Kami juga melakukan pembersihan drainase RT.01 dan RT.02 Desa Bukit Raya menggunakan excavator mini oleh pihak Desa Bukit Raya,” tutupnya. (*)

Tim Redaksi CahayaBorneo.com
Post ADS 1
Post ADS 1