Gelar Rakor TPP P3MD, Kepala DPMD Harap Seluruh Desa di PPU Menjadi Desa Mandiri

Poto: Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (P3MD) Kabupaten PPU. (DOK. Istimewa)

PENAJAM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (P3MD) Kabupaten PPU yang dilaksanakan di Ruang Bupati PPU, Lantai III, Senin (11/9/2023).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Bupati PPU Hamdam, dihadiri Kepala DPMD Kabupaten PPU Pang Irawan, Koordinator TPP P3MD Kabupaten PPU Juli Antoni dan pejabat terkait.

Adapun dilaksanakan rakor ini bertujuan untuk sinkronisasi dan akselerasi pendampingan pembangunan desa menuju Kabupaten PPU yang maju kuat, mandiri dan sejahtera.

Saat ini ada 18 desa yang berstatus mandiri dan 12 desa berstatus maju, Pang Irawan berharap desa yang masih berstatus maju dapat menjadi desa mandiri pada tahun 2024 nanti.

“Harapannya kita di periode selanjutnya semua bisa mandiri. Langkah- langkahnya kita sudah diskusikan bersama TPP P3MD,” ucap Pang.

Sementara itu, Koordinator TPP P3MD Yuli Antoni menjelaskan usai menggelar rapat koordinasi bersama dengan DPMD PPU, TPP P3MD akan segera melakukan tugas-tugas dan tanggung jawabnya untuk menjadikan desa yang masih berstatus maju menjadi desa mandiri.

Yuli Antoni menyebutkan, dalam upaya mewujudkan desa mandiri, peranan TPP P3MD akan diperkuat dengan melibatkan stakeholder.

“Yang jelas kami berkomitmen seluruh TPP P3MD Kabupaten PPU mendampingi semaksimal mungkin desa untuk mewujudkan semua desa menjadi mandiri,” harapnya.

Baca Juga :  Serentak Se-Indonesia, PPU Ikuti Giat Penanam Mangrove di Kampung Baru

Melansir data dari DPMD Kabupaten PPU, pada tahun 2023 dari total 30 desa, jumlah desa mandiri saat ini sudah mencapai 18 desa dan sementara desa maju berjumlah 12 desa.

Jumlah tersebut merupakan hasil pengukuran Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2023 sesuai standar operasi prosedur (SOP) pengukuran status desa IDM tahun 2023.

Berikut data Desa Mandiri dan Desa Maju di Kabupaten PPU.

Desa Mandiri
Desa Girimukti, Sidorejo, Giripurwa, Sesulu, Bangun Mulya, Babulu Darat, Gunung Makmur, Rintik, Gunung Mulya, Labangka Barat, Tengin Baru, Bukit Raya, Suka Raja,Bumi Harapan, Argo Mulyo, Sempi Dua, Binuang, dan Telemow.

Desa Maju
Bukit Subur, Api-Api, Labangka, Babulu Laut, Gunung Intan, Sebakung Jaya, Rawa Mulya, Sri Raharja, Sumber Sari, Suko Mulyo, Wono Sari dan Karang Jinawi (ADV/CB)

Tim Redaksi CahayaBorneo.com

Post ADS 1
Post ADS 1