Kendalikan Inflasi Daerah, Dinas KUKM Perindag PPU Adakan Operasi Pasar Murah

Poto: Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecila Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Kukmperindag) Saidin. (DOK. CahayaBorneo.com)

PENAJAM – Dalam rangka mengendalikan inflasi daerah, Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan (KUKM Perindag) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar operasi pasar murah.

Selain untuk mengendalikan inflasi daerah, operasi pasar murah dilakukan dalam rangka memberikan keringanan bagi masyarakat kabupaten PPU untuk memperoleh  bahan pokok rumah tangga dengan harga yang murah.

“Kegiatan operasi pasar murah akan dilaksanakan di setiap kecamatan yang tersebar di kabupaten PPU,” ucap kepala Dinas KUKM Perindag PPU Saidin, Sabtu (7/10/2023).

Disebutkan Saidin, sejumlah bahan kebutuhan pokok yang akan dijual dalam operasi pasar murah diantaranya adalah beras, minyak goreng, dan gula. Sebab ia mengungkapkan jika kebutuhan tersebut berpotensi mengalami kenaikan harga suatu waktu.

“Tujuan operasi pasar juga untuk menjaga pasokan kebutuhan bahan pokok di Kabupaten PPU,” kata Saidin.

Saidin mengungkapkan jika harga kebutuhan pokok di Kabupaten PPU tengah alami kenaikan, hal itu lantaran dipengaruhi oleh peningkatan kebutuhan pasar dan faktor cuaca ekstrim yang menghambat pengiriman.

“Tahap awal kami sudah melaksanakan operasi pasar murah di Pasar Rakyat Nipah-Nipah, kemudian akan dilanjutkan di darah lain,” jelasnya.

Dinas KUKM Perindag PPU bekerjasama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk menyelenggarakan operasi pasar murah di empat kecamatan.

 “Operasi pasar bekerjasama dengan BULOG, mereka menawarkan harga bahan pokok sesuai dengan HET (Harga Eceran Tertinggi, reda), lebih murah dengan harga dijual dipasar,” kata dia.

Baca Juga :  Kejari PPU Beri Pendampingan Hukum Terkait Penyusunan Peraturan Direksi Perumda Benuo Taka

Saidin berharap dengan adanya operasi pasar, diharapkan mampu meringankan beban bagi masyarakat dan mempermudah masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau. (ADV/CB)

Tim Redaksi CahayaBorneo.com

Post ADS 1
Post ADS 1