Putri Pariwisata PPU Harap Seluruh Elemen Miliki Kesadaran Terhadap Potensi Wisata di Daerah

Foto: Alika Azhra (19) bersama Pj. Bupati PPU Makmur Marbun (DOK. Istimewa)

PENAJAMUpaya pemerintah daerah (pemda) Penajam Paser Utara (PPU) dinilai belum maksimal untuk meningkatkan sarana dan prasarana penunjang objek wisata, khususnya di Pantai Sipakario, Nipah-nipah, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU.

Seharusnya, masyarakat atau pengelola harus memiliki kesadaran yang tinggi terhadap potensi wisata dan tujuan wisatawan datang berkunjung ke objek wisata disuatu daerah.

Salah satu Pemuda PPU yaitu Alika Azhra (19) mengaku sangat prihatin dengan kondisi kebersihan pantai Nipah-Nipah, menurutnya objek wisata ini menjadi aset yang harus diperhatikan agar menarik wisatawan lokal maupun luar daerah. Tentu kata dia, kondisi lingkungan yang tidak bersih dapat mengurangi daya tarik wisatawan untuk datang ke tempat wisata.

“Dengan kurangnya kebersihan pantai bisa mengurangi daya tarik pantai dan berdampak negatif pada ekosistem laut serta kesehatan pengunjung yang datang ke pantai Nipah-nipah,” papar Alika Putri pariwisata PPU 2023 dan Runner Up 2 Putri Pariwisata Kalimantan Timur (Kaltim) 2023, Selasa (2/4/2024).

Ia mengungkapkan cara mengatasi untuk kebersihan pantai dengan bekerjasama dari segala elemen baik itu masyarakat setempat serta pemerintah daerah.

“Menurut saya, cara mengatasinya kita perlu bekerjasama antara pemerintah, pengelola wisata dan juga ada peran masyarakat. Seluruh elemen ini diharapkan dapat bersama-sama menjaga kelestarian pantai Nipah-nipah,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Alika yang kenal cukup aktif dikegitaan kepemudaan yang ada di PPU ini mengatakan, program edukasi pentingnya menjaga kebersihan dan konservasi laut itu merupakan salah satu cara untuk dapat mengambil langkah baik menjaga Pantai Sipakario.

Baca Juga :  Hamdam : " UNPAR Menjadi Mitra Strategis Pengembangan Layanan Pendidikan di PPU

Mengenai cara meningkatkan pendapatan perekonomian bagi warga di pesisir pantai kata Alika, perlunya pengembangkan Ekowisata juga peningkatan sumber daya manusia (SDM) masyarakat lokal. Itu menjadi salah satu kunci dari peningkatan pendapatan di pantai tersebut.

“Saya percaya dengan pengembangan ekowisata dan pemberdaya lokal merupakan kunci dari peningkatan pendapatan masyarakat di pinggir pantai tersebut,” ucap Alika.

Alika sebagai Putri Pariwisata PPU tentunya berharap untuk adanya peningkatan dalam pendapatan masyarakat. Karena di bulan puasa ini banyak sekali peningkatan harga bahan pokok untuk lebaran yang tentunya itu sangat berpengaruh dalam perekonomian masyarakat.

“Itu tentunya harus ada pengolahan atau pengembangan dalam memperdayakan masyarakat-masyarakat di pesisir pantai, Kami dari Asosiasi duta wisata PPU InsyaAllah berkomitmen menjadi pendorong yang inisiatif dan akan menjalankan program yang mendukung pelestarian lingkungan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat yang tinggal di pesisir pantai Nipah-nipah,” tutupnya. (CB/Dadm)

Post ADS 1
Post ADS 1