Danlanal Balikpapan Resmikan Kampung Bahari Nusantara di Kabupaten PPU

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sambut baik dan mendukung penuh program Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang baru saja diresmikan di wilayah Jenebora Kecamatan Penajam Kabupaten PPU. “Senin (15/5/2023). Poto: Istimewa

CAHAYABORNEO.COM, PENAJAM – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sambut baik dan mendukung penuh program Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang baru saja diresmikan di wilayah Jenebora Kecamatan Penajam Kabupaten PPU. Senin (15/5/2023).

Peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) dipimpin langsung oleh Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin di Kepulauan seribu serta diikuti secara virtual daring sebanyak 68 Kampung Bahari Nusantara se-Indonesia yang dikomando oleh Danlanal diberbagai wilayah di Indonesia dalam Kampung Bahari Nasional Tahun 2023.

Hadir langsung dalam peresmian Kampung Bahari Nusantara Tahun 2023 di Kelurahan Jenebora, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal)  Balikpapan  Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafiz beserta jajaran, Unsur Mupika Kecamatan Penajam dan para masyarakat Jenebora Kecamatan Penajam.

Sekda Tohar usai mengikuti rangkain persemian Kampung Bahari Nusantara (KBN) menyampaikan terimakasih dan selamat kepada Komando Pangkalan Angkatan Laut Balikpapan yang telah turut meresmikan wilayah Jenebora Kecamatan Penajam sebagai Kampung Bahari Nusantara Tahun 2023.

Ditetapkannya Kelurahan Jenebora menjadi Kampung Bahari Nusantara (KBN) hari ini tentunya menjadi sejarah bagi kita semua karena diresmikan secara langsung bersamaan dengan berbagai KBN lainnya di wilayah Indonesia oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

“Hadirnya KBN di wilayah pesisir Jenebora ini kiranya semakin membawa berbagai perubahan dan daya dukung sinergi antara TNI AL bersama Pemda PPU dengan program cluster yang terdiri dari ekonomi, pendidikan, kesehatan, pertahanan dan pariwisata.” ujarnya.

Baca Juga :  Diskukmperindag PPU Inginkan Pasar Sotek dan Rawa Mulya Dapat Anggaran dari Kemendag 

Lanjut, Ia menerangkan dengan ditetapkannya menjadi KBN ini dalam lima program klaster tentunya sangat berkesesuaian dengan apa yang sampai saat ini dilakukan oleh pemerintah daerah sehingga pada akhirnya semakin menguatkan hasil dari program yang diusung oleh jajaran TNI AL dalam KBN di wilayah Jenebora, Kabupaten PPU.

Selain itu, Tohar juga menyampaikan sejumlah pesan kepada para masyarakat, utamanya terhadap program yang dapat membawa banyak kemajuan dan perubahan diberbagai aspek kehidupan.

Dimanapun pantai pasti daerah pinggiran karena memang geografisnya namun dengan KBN ini diharapkan mampu mendaya optimalkan sumber daya laut mampu menjadi kekuatan ekonomi karena sumber daya yang ada. Tegasnya

Tohar juga mengingatkan bahwa pentingnya memperlakukan alam dengan baik yang telah banyak memberikan daya dukung dalam kehidupan kita.”Jauhkan dari sikap-sikap sembarangan terhadap sumber daya laut, ketika laut menopang kehidupan kita agar terus memiliki ekonomi panjang.

“Jangan terjebak dengan tujuan sesaat untuk mendapatkan sesuatu namun akhirnya kita kehilangan berbagai potensi alam yang menjadi penopang keberlangsungan hidup kita”

Terlepas itu, Dia mengatakan hadirnya IKN Nusantara di sebagian wilayah Kabupaten PPU, pastinya membawa dampak tersendiri dari sisi ekonomi terutama pada akses laut yang akan menjadi mobilisasi segala daya dukung pembangunan IKN. Sehingga perlu partisipasi kita semua untuk sama-sama menjaga segala keamanan disepanjang bentang pantai dan laut yang berdekatan dengan IKN bersama dengan para aparat keamanan.

Baca Juga :  Anggota DPRD PPU Harap Pemindahan IKN Nusantara Berimbas Terhadap Infrastruktur Pendidikan di PPU

Sinergi ini diharapkan dapat memberikan daya dukung dalam pembangunan IKN dengan harapan dapat berjalan dengan aman dan lancar sesuai yang direncanakan, terlebih dari sisi laut ini ke depan ada sebelas pelabuhan yang menjadi titik mobilisasi segala daya dukung untuk pembangunan IKN Nusantara.

Termasuk dari sektor pariwisata, Tohar menyampaikan keberlangsungan laut dan sepanjang pantai kita memiliki berbagai potensi wisata yang pada akhirnya nanti akan memberikan potensi ekonomi pariwisata yang bisa dikemas dengan berbagai cara. Apalagi ke depan dengan banyaknya jumlah penduduk yang hadir di IKN sudah pasti memerlukan berbagai hiburan salah satunya dari potensi kelautan ataupun sepanjang pantai kita. (*)

Sumber: Humas Pemkab PPU

Post ADS 1
Post ADS 1