123 Calon Jama’ah Haji Asal PPU di Berangkatkan 

123 Calon Jama'ah Haji Asal PPU di Berangkatkan. Poto: Istimewa

CAHAYABORNEO.COM, PENAJAM, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Tohar melepas secara resmi keberangkatan calon Jama’ah haji asal kabupaten PPU menuju Asrama Haji Batakan di Balikpapan pada Rabu dini hari, (14/06) dari Kantor Bupati PPU.

Turut hadir pada pelepasan dan pemberangkatan calon haji PPU ini, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Sodikin dan sejumlah pejabat PPU lainnya. Tampak juga jajaran pejabat kemenag PPU dan pengantar dari keluarga jamaah.

“Kita bersyukur pelepasan dan pemberangkatan calon jama’ah haji PPU terasa istimewa karena dipercepat dimana sebelumnya dijadwalkan tanggal 15 Juni alhamdulillah ini dipercepat dan dipastikan. Karena biasanya kalau dipercepat ada hal penting lainnya daripada kita delay namun tiada kepastian, ” kata Tohar.

Pemerintah pada batas-batas tertentu tambah dia, berusaha memaksimalkan perhatian kepada calon jamaah haji PPU untuk dapat memberikan fasilitas dan pengetahuan terutama pada kegiatan manasik haji agar calon jamaah haji mendapatkan pengetahuan dan referensi bagaimana cara berhaji.

“Jangan kita ragu dalam menjalankan praktek beribadah, karena kita akan mendapatkan sekian banyak praktek ibadah dengan mazhab yang berbeda selama menjalankan ibadah haji nanti. Yakinkan dengan ilmu pengetahuan yang didapatkan dari pembimbing dan pembina selama manasik haji maupun sebelum manasik haji, ” tuturnya.

Pesan yang tidak kalah pentingnya tambah dia, berangkat dari pengalaman terutama untuk atas nama tugas tambahan yang berangkat dan ditugaskan yakinkan bahwa panggilan tugas itu bagian dari ibadahnya jamaah calon haji.

Baca Juga :  Pembangunan Kota Nusantara Berdampak Positif ke Benuo Taka

“Haji mabrur sesungguhnya adalah disamping pelaksanaan ibadah sesuai syarat, rukun raji, dan bagaimana kita peduli satu diantaranya peduli dengan sesama. Saling bantu membantu dan tolong-menolong untuk menjaga keutuhan kelompok, mengurusi teman satu regu satu rombongan,” tutup dia.

Sementara Kepala Kementrian Agama PPU, Nasruddin mengatakan bahwa total seluruh jamaah calon haji asal Kabupaten PPU sebanyak 123 terdiri dari 52 orang jamaah laki-laki dan 71 orang jamaah perempuan yang dilakukan pelepasan pada hari ini.

“Jamaah calon haji tertua saat ini berumur 83 tahun atas nama H.Rusman Oxjoh Togou dan yang termuda 21 tahun atas nama Achmad Bambang Supriyadi usia 21 tahun, ” jelasnya.

Nasruddin menambahkan agar kapada para calon jamaah haji PPU jangan lupa untuk jaga kekompakan, bantu membantu dan peduli sesama jamaah, agar ibadahnya tetap lancar.

“Jangan lupa juga jaga kesehatan, makan yang cukup dan bergizi karena nanti di sana diperkirakan suhu akan lebih panas disarankan untuk jamaah untuk memperbanyak minum,” pesannya. (*)

Sumber: Humas Pemkab PPU

Post ADS 1
Post ADS 1