Polres PPU Ungkap 78 Kasus Lakalantas Sepanjang Tahun 2023

Foto: Kapolres PPU, AKBP Hendrik Eka Bahalwan. (DOK. CahayaBorneo.com)

PENAJAM – Polres Penajam Paser Utara (PPU) menggelar realese akhir tahun 2023 di Mapolres PPU, Jumat (29/12/2023).

Kapolres PPU, AKBP Hendrik Eka Bahalwan dalam realease mengatakan pihaknya telah menangani kasus kecelakaan lalu lintas (Laka lantas) mulai dari Januari-desember 2023 sebanyak 78 kasus.

“Dari jumlah kasus kecelakaan lalu lintas tersebut, korban meninggal dunia sebanyak 17 jiwa, luka berat 83 orang dan luka ringan 35 orang,” kata Hendrik.

Hendrik mengatakan kasus kecelakaan lalu lintas di 2023 mengalami penurunan dibandingkan 2022 lalu, yakni 82 kasus dengan korban meninggal dunia 26 jiwa, luka berat 69 orang dan luka ringan 31 orang. 

“Jumlah kasus kecelakaan lalu lintas mengalami di 2023 penurunan sebanyak empat kasus dibandingkan 2022. Begitu juga dengan korban meninggal dunia juga mengalami penurunan,” kata Hendrik saat press rilis akhir tahun di Mapolres PPU.

Dikatakan Hendrik, dari 78 kasus laka lantas, lebih banyak terjadi di sepanjang Jalan Provinsi Km 1 Penajam sampai Jalan Provinsi Km 22 Jembatan Tunan Kecamatan Penajam dengan 35 kasus.

“Selain itu ada 11 kasus kecelakaan lalu lintas terjadi sepanjang jalan dari Desa Labangka sampai Desa Rintik, Kecamatan Babulu,” kata dia.

Kemudian kecelakaan lalu lintas juga terjadi di Jalan Simpang Silkar sampai Simpang Riko, Kecamatan Penajam terdapat 11 kasus.

“Sedangkan dari Simpang Riko Kecamatan Penajam sampai Desa Semoi Dua Kecamatan Sepaku sebanyak 16 kasus dan Jembatan Tunan sampai Desa Api-Api Kecamatan Waru ada empat kasus,” kata dia.

Baca Juga :  Peringati Hari AIDS Sedunia, SMA 8 Penajam Gelar Sosialisasi Kesehatan Reproduksi

Kasus kecelakaan lalu lintas, lanjut Hendrik paling banyak terjadi di sepanjang jalan poros dari Kelurahan Penajam sampai Jembatan Tunan (Kelurahan Petung). Hendrik mengaku korban laka lantas di Benuo Taka didominasi kelompok usia 17-25 tahun.

“Korban kecelakaan didominasi laki-laki,” ungkapnya. (*)

Tim Redaksi CahayaBorneo.com

Post ADS 1
Post ADS 1