Otorita IKN Dukung M’GenZ Festival 2024 untuk Generasi Muda Balikpapan

Foto: Deputi Bidang Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Alimuddin. (DOK. OIKN)

BALIKPAPAN – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) turut memeriahkan M’GenZ Festival Tahun 2024 sebagai bentuk dukungan terhadap generasi muda di Balikpapan sebagai penerus pembangunan IKN. Deputi Bidang Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Alimuddin hadir dan menjadi saksi dalam pembukaan dan peresmian M’GenZ Festival Tahun 2024 di Balikpapan Sport Centre & Convention (BSCC) Dome pada Sabtu (07/09/2024).

Acara ini merupakan inisiatif dari Gema Music Entertainment yang bertujuan untuk memberikan inspirasi kepada generasi muda Balikpapan agar lebih aktif dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2024.

M’GenZ Festival Tahun 2024 mengusung tiga bagian utama, yaitu pameran, kompetisi, dan konser musik. Festival ini menampilkan talenta dan karya-karya pemuda asli Balikpapan, memberikan kesempatan bagi mereka untuk memperkenalkan ciri khas kota mereka kepada khalayak lebih luas.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Vinsensius Jemadu dalam sambutannya menyampaikan pesan Presiden RI bahwa kegiatan seperti ini merupakan instrumen penting dalam pembangunan ekonomi daerah. Beliau mengapresiasi keterlibatan UMKM dan komunitas pemuda lokal yang telah menunjukkan semangat dan inovasi. “Keterlibatan dua unsur tersebut menjadikan festival ini tepat sasaran dan bermanfaat,” pungkasnya.

Deputi Alimuddin juga menekankan dalam sambutannya bahwa pembangunan IKN bukanlah tugas yang dapat diselesaikan dalam waktu singkat, melainkan merupakan proses berkelanjutan selama 45 tahun ke depan. Ia meyakini bahwa IKN akan membawa kesejahteraan bagi rakyat Indonesia, khususnya Kalimantan Timur. 

Baca Juga :  13 Badan Khusus PBB Dukung Pembangunan IKN, Salah Satunya Economic and Social Commission for Asia and the Pacific  

“Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan generasi muda, terutama pemuda Balikpapan, untuk meneruskan pembangunan ini,” ujar Deputi Alimuddin.

Pada kesempatan yang sama, Otorita IKN berkolaborasi dengan Pupuk Kaltim untuk membuka booth yang mempromosikan batik asli Sepaku. Batik ini dibuat oleh komunitas dari tiga desa di Sepaku, yakni Desa Tengin Baru, Desa Suka Raja, dan Desa Semoi yang bersatu dalam komunitas Batik Sepaku Nusantara.

Festival M’GenZ Tahun 2024 akan berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 6 hingga 8 September 2024 dan dimeriahkan oleh lebih dari 80 tenant UMKM dan komunitas pemuda lokal, serta lebih dari 100 peserta lomba dari seluruh kota Balikpapan. (CB/Rilis/OIKN)

Tim Redaksi CahayaBorneo.com

 

Post ADS 1
Post ADS 1