Edukasi Hukum di Kalangan Pelajar: Kejari PPU Tekankan Pentingnya UU Perlindungan Anak

Foto: Jaksa Fungsional Bidang Intelijen dari Kejaksaan Negeri (Kajari) PPU, Titania Syafira Nur Hana pada Kegiatan Media Goes To School di SMKN 2 PPU. (DOK. CahayaBorneo.com)

PENAJAM – Ikatan Jurnalis Benuo Taka (IJBT) sukses melaksanakan program edukasi “Media Goes to School 2024” yang bertujuan meningkatkan literasi jurnalistik bagi kalangan pelajar Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Acara ini berlangsung pada 10-11 September 2024 di SMKN 2 PPU, mengusung tema “Generasi Digital Lokal Kreatif dan Inovatif.”

Dalam rangkaian kegiatan Media Goes to School pada hari kedua, Jaksa Fungsional Bidang Intelijen dari Kejaksaan Negeri (Kajari) PPU, Titania Syafira Nur Hana, memberikan pemahaman mendalam mengenai Undang-Undang (UU) Perlindungan Anak dan kesadarah hukum bagi pelajar SMA/SMK sederajat.

Ia menekankan pentingnya UU ini dalam melindungi hak-hak anak, terutama ketika berhadapan dengan hukum.

Titania menjelaskan bahwa UU Perlindungan Anak mengatur kategori usia anak, mulai dari usia 12 hingga 18 tahun.

Ia menjelaskan, bagi anak yang melakukan tindak pidana, hukumannya akan dikurangi setengah dari hukuman yang diberikan kepada orang dewasa, sesuai dengan ketentuan hukum di setiap daerah.

“Sebagai contoh, anak yang terlibat dalam kasus narkotika, jika hukumannya bagi orang dewasa minimal 5 tahun penjara, maka bagi anak-anak akan dikurangi setengahnya,” jelas Titania.

Ia menegaskan bahwa UU Perlindungan Anak memberikan kesempatan kepada anak-anak yang terlibat dalam kasus hukum untuk menyesali perbuatannya dan mendapatkan pembinaan yang tepat.

Harapannya, anak-anak tersebut dapat berkembang menjadi individu yang lebih baik dan produktif setelah masa hukumannya berakhir.

Baca Juga :  Sukseskan Pemilu 2024, Kesbangpol PPU Gelar Pendidikan Politik

“Anak-anak ini akan dibina agar ketika mereka keluar dari penjara, mereka bisa kembali ke masyarakat dan menjadi pribadi yang diinginkan, layaknya manusia biasa,” tutup Titania.

Program edukasi ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk membekali pelajar PPU dengan pengetahuan hukum yang penting di era digital. (CB/DADM)

Tim Redaksi CahayaBorneo.com

Post ADS 1
Post ADS 1