Pentingnya Penggunaan Sunscreen, Salah Satunya Cegah Penuaan Dini

Ilustrator Produk Sunscreen | Poto: Istimewa

CAHAYABORNOE.COM, PENAJAM – Sebelum kita kupas lebih dalam tentang skincare yang satu ini, sebaiknya kita memahami dulu apa itu sunscreen atau yang biasa disebut dengan tabir surya, dilansir dari laman resmi Hellosehat, sunscreen merupakan losion yang diaplikasikan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UltraViolet B (UVB) dan dapat diserap oleh kulit sebelum sinar UV mencapai lapisan kulit yan dapat merusak kulit kita.

Penggunaan sunscreen sering disepelekan, penyebabnya mungkin kurangnya pengetahuan tentang sunscreen itu sendiri, padahal kandungan dalam sunscreen sangat bermanfaat untuk investasi jangka panjang kulit kita, serta melindungi dari resiko kanker kulit, dikutip dari Halodoc berikut ini merupakan manfaat sunscreen untuk kulit:

1. Mencegah Penuaan Dini
Banyak orang menginginkan kulit sehat, kenyal, dan tampak awet muda. Jika ingin terlihat awet muda apalagi kita sering menghabiskan waktu diluar rumah, dan terkena paparan sinar matahari langsung berlebih, hal tersebutlah yang dapat menyebabkan kulit cepat berkerut dan timbulnya garis-garis halus membuat kulit kita tampak tua.

2. Mengurangi Resiko Munculnya Noda Hitam pada Wajah
Noda hitam yang muncul pada kulit, salah satunya disebabkan oleh paparan sinar matahari dan tanpa ada pengaplikasian skincare seperti sunscreen yang dapat merusak skin barrier kulit.

3. Pelindung Kulit saat Berjemur
Saat kita berjemur dibawah sinar matahari, ada baiknya tidak berlebihan. Seperti melekakukan tanning agar kulit terlihat lebih cokelat dan eksotis, karena kita juga harus mempertimbangkan dari segi kesehatan, tetap harus melindungi kulit dari sinar UVB.

Baca Juga :  Z Production Bakal Rilis Metahuman Musician dan Siap Kembangkan Ekosistem Kreatif Untuk Anak Bangsa

4. Mempertahankan Warna Kulit Agar Tetap Rata
Aktifitas diluar ruangan tanpa dibekali dengan sunscreen akan membuat kulit  tampak belang, dan tidak rata, dan bisa juga menimbulkan perubahan warna noda bintik hitam akibat terkena paparan sinar matahari.

5. Mengurangi Peradangan
Kemerahan pada kulit dan peradangan akibat sinar uv yang muncul pada kulit terutama kulit jenis sensitif, dapat juga diatasi dengan menggunakan sunscreen yang tepat sesuai kondisi kulit.

Masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan jika sejak dini kita sadar akan pentingnya untuk merawat kulit terutama tentang pentingnya sunscreen bagi, apalagi sekarang makin marak produk skincare yang mengeluarkan sunscreen dengan harga yang terjangkau dan tersedia di drug store terdekat ataupun online shop yang memudahkan kita untuk membeli barang tanpa harus keluar rumah. Jadi tidak ada alasan lagi untuk kita tidak menggunakan sunscreen.

Dan satu hal lagi, dalam memilih sunscreen kita juga harus yang cocok dengan kondisi kulit, seperti  apa yang cocok untuk kulit kering, berminyak, dan kulit sensitif.

Untuk jenis kulit kering, tentu kita harus memilih jenis sunscreen yan dapat melindungi dari sinar matahari serta dapat melembabkan kulit. Pilihlah jenis sunscreen yang mengandung bahan ceramide, gliserin, dan juga asam hialuronat.

Untuk jenis kulit berminyak, disarankan untuk memilih sunscreen yang berbasis air atau gel yang hasil akhirnya matte. Kandungannya seperti teh hijau, atau niacinamide yang dapat membantu mengontrol produksi minyak pada kulit.

Baca Juga :  Miliki Kulit Sehat dan Cantik dengan Jamu Tradisional Khas Indonesia

Terakhir untuk jenis kulit sensitif, tentu kita tidak bisa sembarang memilih produk sunscreen, pilihlah sunscreen yang bahannya tidak akan menimbulkan komedo, alergi, maupun iritasi.

Jika masih ragu, cobalah untuk berkonsultasi pada ahlinya seperti dokter spesialis kulit atau ke klinik kecantikan yan sudah bersertifikat.

Tim Redaksi Cahayaborneo.com

Sumber Artikel : https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/bedanya-sunscreen-dan-sunblock/
https://www.halodoc.com/artikel/wajib-dipakai-5-manfaat-sunscreen-bagi-kesehatan-kulit

Post ADS 1
Post ADS 1